Menyelisik Tubuh Gereja HKY Surabaya

Well, sebenarnya tulisan ini dibuat dalam rangka praktik menulis saat pelatihan jurnalistik dan fotografi yang diselenggarakan oleh Seksi Komsos Paroki Hati Kudus Yesus (HKY) Surabaya. Sayang jika tidak di-publish. Here it is, enjoy it guys!

* - * - *

Berdiri di Jalan Polisi Istimewa 15 Surabaya, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus (HKY) dikenal sebagai Katedral di Surabaya. Tubuhnya masih tegak berdiri walau telah berdiri sejak 1920. Wajahnya tak berbeda jauh dengan gereja katolik lain di Surabaya yang sudah dibangun bertahun-tahun yang lalu – bergaya arsitektur kolonial Belanda. Baik dari segi eksterior maupun interiornya tak banyak mengalami perubahan. Eksteriornya dibangun secara simetris antara sisi kiri maupun kanannya, seperti pintu, jendela, dan ruang pengakuan dosa. Sedangkan pada bagian interiornya, jendela di dinding atas dihiasi oleh gambar-gambar khas gereja.

Tak hanya bangunan gereja utama yang digunakan untuk Perayaan Ekaristi yang menarik untuk disoroti. Bergeser ke sisi kiri bangunan utama gereja, terdapat Gua Maria yang didirikan pada 8 Desember 1987. Tak begitu besar, namun menimbulkan efek ketenangan yang sangat besar karena bunyi gemericik air mengalir serta desis angin yang sesekali bertiup pelan. Di dalam gua, diletakkan patung Bunda Maria denganbunga-bunga di bawah kakinya diletakkan di Puluhan lilin tampak menyala, menyumbangkan cahaya pada gua. Tak lupa, ada tempat duduk yang disediakan bagi umat yang hendak berdoa.

Selanjutnya, terdapat ruang adorasi yang berseberangan dengan posisi Gua Maria. Ruangan kecil bernuansa kekuningan ini memiliki suasana yang lebih tenang lagi. Hampir tak ada suara yang terdengar, selain suara pendingin ruangan dan derap kaki umat yang masuk ruangan. Sakramen Maha Kudus di letakkan di atas meja kecil dalam ruangan dengan lilin-lilin menyala di sisi kiri dan kanannya. Tidak tampak tempat duduk di dalam ruangan tersebut. Hanya disediakan beberapa bantal kecil sebagai alas duduk untuk umat yang hendak berdoa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cahaya di Penjuru Hati: Sebuah kisah yang menyihir setiap insan pembaca

Zebra Cross.